SUPAYA BISA BERSAING DENGAN SNAPDRAGON 450. MEDIATEK MEMBERIKAN POTONGAN HARGA UNTUK CHIPSET HELIO P23

 Qualcomm dan MediaTek sebagai dua perusahaan chipset mobile yang paling berkompetisi ketat. Nampaknya ini kali MediaTek harus ikuti permainan Qualcomm yang turunkan harga Snapdragon 450 jadi $10,50 (Rp140 beberapa ribu). MediaTek sendiri mempersiapkan chipset Helio P23 sebagai kompetitor Snapdragon 450 di fragmen mid-range. Walau belum dipublikasikan, MediaTek harus memotong nilai jual chipset Helio P23 supaya bisa berkompetisi dengan pesaingnya.

Sama seperti yang disampaikan Phone Tempat, menurut sumber yang mereka bisa dari dalam industri, MediaTek sekarang ini sedang menimbang pengurangan harga chipset Helio P23 kurang dari $10 per chipset. Hal itu harus dilaksanakan supaya Helio P23 disukai oleh supplier handphone saat dikeluarkan kelak.

Berdasar laporan itu, untuk hasilkan chipset Snapdragon 450 dengan proses 14nm, Samsung dibayarkan $2.500 per wafer (potongan tipis bahan semikonduktor). Sementara TSMC dibayarkan lebih dari $3.500 per wafer untuk hasilkan chipset Helio P23 dengan proses 16nm.

Harga awalnya Helio P23 sendiri sejumlah $15, yang selanjutnya menurun jadi $11 sampai $12 supaya beberapa supplier ingin memakai chipset mid-range itu. Beberapa supplier yang diberitakan pesan chipset itu terhitung Oppo, Vivo, Gionee, dan Meizu yang sejauh ini dikenali sering memakai chipset MediaTek.

Dengan cara Qualcomm yang menggunting harga chipset Snapdragon 450, hal itu akan membuat kompetisi di fragmen menengah akan makin ketat, dan MediaTek harus membuat taktik supaya tidak kehilangan konsumen setia. Helio P23 sendiri diberitakan untuk launching pada kwartal ke-4, dan MediaTek mengharap bisa jual 5 - enam juta unit chipset Helio P23 tiap bulannya.

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abida Massi