Jejak Oceana 2019

Jejak Oceana dilaksanakan di Pulau Tidung Kepulauan Seribu pada tangga 16-17 November 2019. Lokasi pembukaan dan kegiatan edukasi di RPTRA Tidung Ceria yang dihadiri sekaligus pembukaan acara yaitu Bapak Ikhwan Kasie Kesejahteraan Masyarakat mewakili Camat Kepulauan Seribu Selatan, Ibu Dayu Dwi Pramuningtyas selaku dosen Oseanografi ITB, Abnon Seribu 2019 serta para pengurus dan sahabat JejakSeribu, juga 75 peserta yang merupakan para pelajar dari SMK Negeri 61 Jakarta, MA PKU Pulau Tidung dan SMPN 241 Jakarta serta ibu-ibu PKK Pulau Tidung dan anggota binaan program JejakSeribu Preneur.

Kegiatan Jejak Oceana terdiri dari beberapa rangkaian acara, diantaranya seminar edukasi dengan materi yang diisi oleh mahasiswa Oseanografi ITB mengenai pentingnya konservasi terumbu karang, dilanjutkan oleh ikatan Abnon Seribu dengan materi hospitality, penting nya bahasa asing dan penggunaan sosial media dalam mempromosikan potensi pariwisata Kepulauan Seribu. Setelah ishoma dilanjutkan dengan games edukatif dari panitia Jejak Oceana 2019.

Sementara itu, peserta ibu-ibu ada kegiatan workshop chelonimer dari mahasiswa Oseanografi ITB. Pada workshop ini ibu-ibu diajarkan pembuatan jewelry dari sampah botol plastik dalam rangka pengurangan sampah di lautan Kepulauan Seribu, serta memberikan keterampilan bagi masyarakat sekitar.

Pada hari kedua, para panitia dan peserta melakukan kegiatan cinta lingkungan yaitu aksi bersih pantai di area jembatan cinta Pulau Tidung dan kegiatan transplantasi karang dengan metode biorock dengan fasilitator dari mahasiswa Oseanografi ITB berkerjasama dengan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Pulau Tidung Kecil.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *